Posted on: 08/04/2024 Posted by: Petrus Letsoin Comments: 1

KOMSOS – Tim revitalisasi Museum kebudayaan dan kemajuan Asmat menyambangi para tua adat di wair Jew Kampung Per, rumpun Bismam, Agats. Kamis (04/04/2024).

Tim revitalisasi tersebut terdiri dari badan pelaksana Museum, yang di ketuai oleh John Ohoiwirin. Yayasan Widya Cahaya Nusantara, di pimpin Brunoto serta Yayasan Umah Nusantara, oleh arsitek Yori Antar Cs.

John Ohoiwirin, Ketua Komisi Kebudayaan Keuskupan Agats sekaligus Direktur Museum Asmat menjelaskan, kedatangan tim revitalisasi ke Kampung untuk meminta pandangan, gagasan, masukan yang berhubungan dengan pengembangan museum Asmat.

Lebih lanjut John menjelaskan, pelaksanaan kegiatan tersebut berdasarkan permintaan Badan Pelaksana Museum terhadap Arsitek yang bernaung di Yayasan Umah Nusantara. Permintaan tersebut kemudian difasilitasi oleh Yayasan Widya Cahaya Nusantara.

“Kami bersyukur bahwa YWCN mau menjadi fasilitator untuk menghadirkan aristek dari Umah Nusantara untuk membantun revitalisasi jangka pendek yang tentunya terintegrasi dengan rencana jangka panjang, ” jelasnya.

Selanjutnya, dalam dialog dan diskusi bersama masyarakat adat, tim berhasil menjaring sejumlah aspirasi untuk tindak lanjut pengembangan museum Kebudayaan dan Kemajuan Asmat ke depannya.

Di akhir pertemuan, John meminta restu para tua adat Wair dan Leluhur Asmat untuk mendapat petunjuk dalam pengembangan museum Asmat tersebut.

1 people reacted on this

Leave a Comment