Posted on: 31/08/2020 Posted by: admin Comments: 18
Keuskupan Agats

Senin, 31 Agustus 2020.

  • 1 Korintus. 2:1-5.
  • Mazmur. 119:97.98.99.100.101.102.
  • Injil Lukas. 4:16-30.

ROH KUDUS ADA PADAKU DAN PADAMU UNTUK MEWARTAKAN INJIL

Ketika Yesus kembali Nazaret, tempat Ia dibesarkan, Ia mendapat kesempatan untuk membaca teks Kitab Suci dari kitab Yesaya yang isinya :
” Roh Tuhan ada pada-Ku sebab Aku diurapi-Nya untuk :

  1. Menyampaikan kabar baik kepada orang-orang miskin.
  2. Memberitakan pembebasan kepada orang-orang tahanan.
  3. Penglihatan kepada orang-orang buta.
  4. Membebaskan orang-orang tertindas.
  5. Memberitakan tahun rahmat Tuhan telah datang”.
    Setelah Yesus membacakan teks ini, Yesus menjelaskan kepada orang-orang Nazaret bahwa pada hari ini genaplah ayat-ayat Kitab Suci itu pada saat kalian mendengarnya.

Orang-orang Nazaret heran dengan kata-kata indah yang diucapkan-Nya lalu kata mereka : ” Bukankah Ia ini anak Yusuf? “Lalu Yesus berkata lagi kepada mereka. Sungguh, tiada nabi dihormati di tempat asalnya.

Roh Kudus menggerakan rasul Paulus mewartakan hidup, wafat dan kebangkitan Tuhan Yesus dengan kekuatan Allah saat ia berada di tengah-tengah jemaat di Korintus. Ketika Paulus kembali di Yerusalem, ia menyurat kepada jemaat di Korintus untuk menasihati mereka agar tidak tergantung kepada hikmat manusia, melainkan tergantung kepada kekuatan Allah.

Roh Kudus sudah dicurahkan bagiku dan bagimu saat kita dibaptis, kita menerima sakramen krisma, dan merayakan hari Pentakosta.
Roh kudus itu menolong kita untuk menyampaikan Injil : kabar baik. Bukan kabar buruk. Oleh karena itu, mintalah kepada Allah Bapa dan kepada Yesus untuk mengutus Roh Kudus kepadaku dan kepadamu untuk mencintai hukum Tuhan Yesus yaitu hukum cinta kasih dan mewartakan kabar baik kepada sesama dengan kekuatan Allah.

Ya Allah Roh kudus. Tolonglah saya, bapak, ibu, saudara dan saudari, serta keluargaku dan keluargamu agar selalu menyadari bahwa Roh Kudus ada padaku, padamu, pada kita semua untuk mewartakan kabar baik kepada sesama sesuai teks dalam kitab Yesaya, saat Yesus membacanya di Nazaret. Amin.

RD Paul Buarlele, Imam Keuskupan Agats-Papua.

18 People reacted on this

    1. Amin Romo Terimakasih atas berkatnya dan firman-nya pada pagi hari semoga kita semua menyadari bahwa Tuhan Yesus ada padaku, padamu dan kita semua GBu

  1. Amin..
    Terimaksih Padre Paul pencerahan Roh kudusNya.. Selamat pagi.. Tuhan Yesus Memberkati..

  2. terima kasih atas renungan d hari ini yg menyegarkan jiwa semoga Tuhan memberkati pastor dlm tugas pelayanan

  3. Amin…
    Trm ksh pater untk renungan pagi ini
    Smoga roh kudus ad pada kita untk mewartakaan kbr baik kepada sesama

  4. Amin Romo, terima kasih untuk berkat dan renungannya hari ini. Semoga dgn terang Roh Kudus kita dimampukan menjadi pewarta kabar baik kepada sesama.
    Salam sehat selalu Mo, Gbu.

  5. Pagi Pastor Paul, terima kasih atas renungannya…
    Kami dapat mengerti benang merah yg Pastor sampaikan yakni mewartakan kabar baik dgn kekuatan Roh Kudus, dapat mencintai hukum cinta.kasih Tuhan.
    Syalom

  6. Terima kasih Romo untuk renungan hari ini.
    Semoga Roh Kudus selalu menerangi dan menyertai kita untuk mewartakan kabar baik dan menyebarkan cinta kasih. Amin

Leave a Comment