Posted on: 09/01/2021 Posted by: RD Lucius Joko Comments: 1
Paroki Hati Kudus Pirimapun

Semangat Pagi dari Timur Indonesia

Inspirasi Bacaan Harian Sabtu sesudah Penampakan Tuhan

“Itulah sukacitaku, dan sekarang sukacitaku itu penuh. Ia harus semakin besar, tetapi aku harus semakin kecil.” Inilah jawaban Yohanes Pembaptis saat terjadi pertikaian antara murid Yohanes dan orang Yahudi yang menanyakan tentang penyucian. Mereka menjadi bingung dan mempertentangkan karena Yohanes dan Yesus sama-sama memberikan pembaptisan. Baptisan mana yang lebih menyucikan. Saudaraku, sering dalam kehidupan ini kita senang sekali membandingkan dan mempertentangkan rahmat atau berkat. Terkadang ada pertanyaan mengapa hidup orang lain terlihat lebih diberkati sedangkan hidup kita yang selalu taat dan berdoa terasa kurang diberkati. Orang-orang yang kelihatannya jauh dari Tuhan hidup bahagia, penuh sukacita dan menyenangkan, sedangkan diri kita yang selalu berjuang untuk dekat dengan Tuhan justru seringkali tetap hidup dalam kesedihan, penderitaan dan beban yang sulit tanpa henti. Ini fakta dan realita.

Hari ini kita disadarkan dan diteguhkan lewat sikap dan keteladanan Yohanes. Ia menjadi pribadi yang mampu menerima apapun dan bagaimana pun berkat dan rahmat Allah yang ada dalam dirinya. Yohanes tidak pernah merasa hidupnya tidak diberkati atau pun kurang diberkati karena kehadiran Yesus. Yohanes justru memberikan hidupnya sebagai kesaksian luar biasa atas kehadiran Yesus sebagai Mesias. Saudaraku, daripada kita terus membandingkan berkat Tuhan bagi diri kita dan orang lain, lebih baik bagi kita untuk mulai saling memberkati satu sama lain. Doa menjadi sarana dan jalan kita untuk saling memberkati. Bahkan, doa-doa kita mampu menghapuskan dosa sesama kita yang tidak mendatangkan maut. Semoga mulai saat ini kita lebih mampu selalu berbagi berkat daripada membandingkan dan mempertentangkan berkat dari Tuhan.

Tuhan memberkati.

Jangan lupa bahagia
Jangan lupa tersenyum
Jangan lupa berdoa

RDLJ

1 people reacted on this

  1. Terima kasih Romo Joko…senang bisa liat foto¬≤ dr Agats walau sgt sederhana tp sungguh alami byk pohon. Tuhan berkati semua umat Katolik di Agats.

Leave a Comment