Posted on: 17/12/2023 Posted by: RD Lorenz Kupea Comments: 0

Pewarta: Petter Letsoin

Komsoskeuskupanagats, Asmat – Bupati Asmat, Elisa Kambu dan Vikaris Jenderal (Vikjen) Keuskupan Agats, RD Innocentius Rettobjaan meresmikan Gereja Katolik Kristus Terang Omanesep – Desep, Kuasi Paroki You pada Minggu (17/12/2023).

Upacara peresmian gereja tersebut diawali dengan arak arakan rombongan Bupati dan rombongan Vikjen. Umat kampung Omanesep mengantar rombong Vikjen menuju gereja sedangan umat kampung Desep mengarak rombongan Bupati, diiringi  tarian dan lantunan nyanyian adat.

Rombongan Bupati dan Vikjen yang diantar menuju gerbang gereja tersebut langsung dilakukan upacara peresmian. Peresmian dintadai dengan pemotongan pita. Bupati dan Vikjen mengambil Kulit bia (Ufu) yang diletakan di tapin (Tikar pengalas). Ufu tersebut digunakan untuk memutuskan tali atau pita yang terbuat dari anyaman pucuk daun sagu (Junum semen).

Pantauan komsos, setelah Bupati dan Vikjen membuka pintu gereja baru, umat dua kampung ini menangis haru, saling berpelukan dalam sukacita menyambut Gereja baru. Teriakan bahagia bersahutan memenuhi seisi gedung. Umat setempat benar benar larut dalam euforia kebahagiaan.

Upacara ini, selanjutnya disatukan dalam misa pemberkatan dengan Vikjen sebagai konselebran utama di dampingi oleh Pastor Paroki Basim RD. Bavo Felendity, dan Pastor Kuasi Paroki You, RD. Anes Laritembun.

Diketahui, Gereja  Katolik Terang Kristus Omanesep РDesep dibangun dengan dana yang bersumber dari hiba Pemerintah Daerah Kabupaten Asmat, Partisipasi Umat dan Keuskupan Agats.

Pada kesempatan itu, ketua panitia pembangunan gereja Omanesep-Desep, Linus Kandam mengucapkan terimkasih kepada Pemerintah Daerah, Dan Keuskupan Agats.

“Atas nama umat Stasi omanaesep- Desep, kuasi Paroki You, distrik Betcbamu, saya mengucapkan terimkasih kepada Bapak Uskup, Bupati dan wakil Bupati dan semua pihak yang sudah membantu kami untuk menyelesaikan pembangunan gedung gereja ini.

Editor: RD Lorenz Kupea

Leave a Comment