Posted on: 05/02/2024 Posted by: Petrus Letsoin Comments: 0

Keuskupanagats.or.id РKeuskupan Agats menerima kunjungan Danrem 174/ATW Merauke, Brigjen TNI Agus Widodo di aula  Puspas. Minggu (04/02/2024) malam.

Ramah tamah tersebut dihadiri Vikaris Jendral (vikjen) Keuskupan Agats bersama sejumlah pastores, Sekertaris Daerah Asmat, Kepala Distrik Agats.

Dalam sambutanya, Vikjen, RD Innocentius Rettobjaan mengucapkan selamat datang dan mengapresiasi kunjungan Dandrem bersama rombongan di Keuskupan Agats.

“Uskup melalui telepon menyampaikan selamat datang kepada Dandrem di Asmat. Inilah keuskupan Agats, inilah wilayah Asmat,” ucapnya.

Lanjut Vikjen, kami sangat bergembira, kami merasa bersyukur karena pada kesempatan ini kami dikunjungi Danrem/174 Merauke dan rombongan. Kami percaya silaturahmi ini menjadi kesempatan kita membangun keakraban, kekeluargaan untuk memastikan semua dalam peran dan kerja kerja kita membantu pemerintah untuk membangun manusia ke arah yang lebih baik.

Di hadapan Danrem dan rombongan yang hadir, Vikjen menjelaskan dan memperkenalkan keuskupan Agats serta wilayah pelayanan pastoral.

“Keuskupan Agats dimekarkan dari keuskupan Agung Merauke sejak 1969. Sejak tahun 1969 kami digembalakan oleh dua gembala yakni Mgr. Alfons Suwanda, OSC lebih dari 30 tahun menjadi Uskup. dan Vatikan menunjuk pastor Aloysius Murwito, OFM menjadi Uskup Keuskupan Agats sejak 2022. Wilayah keuskupan Agats yang berawa dan berlumpur seperti ini menjadi pengalaman dan menjadi sebuah pergumulan petualangan bagi siapa saja yang berkunjung disini,” rincinya.

Lebih lanjut Vikjen menjelaskan, Di Kesukupan Agats terdapat 15 Paroki dan 7 calon paroki. Maka secara adminstratif terdapat 22 titik wilayah pelayanan di keuskupan Agats. Selain Paroki, Keuskupan Agats juga melayani umat dan masyarakat melalui sejumlah bidang pastoral. Pendidikan, kesehatan, sosial ekonomi, justice and Peace dan bidang, budaya serta pelayanan yang lain.

“Kita berdoa, semoga kita masing masing kita saling mensuport, mendukung.  Bapak telah datang dan melihat dan menyaksikan dari dekat berbagi alam dan manusianya. Terimkasih,” pungkasnya.

Leave a Comment