Posted on: 04/11/2020 Posted by: Kevin Sanly Putera Comments: 13
Keuskupan Agats

Bacaan: Filipi 2:12-18; Mazmur 27:1.4.13-14; Lukas 14:25-33

SYARAT MENJADI MURID YESUS SEJATI

Yesus tahu bahwa setiap orang yang mengikuti-Nya selalu terikat dengan orang tua, saudara-saudarinya, dan segala harta milik; serta tidak mau memikul salibnya karena manusia ingin santai dalam hidupnya. Maka itu, ketika Yesus melihat orang berduyun-duyun mengikuti-Nya, Ia menantang mereka dengan berkata:
1. Jika seorang datang kepada-Ku dan tidak membenci bapanya, ibunya, istrinya, anak-anaknya, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku (Luk 14:26).

2. “Barangsiapa tidak memanggul salibnya dan mengikuti Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku” (Luk 14:27).

3. “Setiap orang di antaramu yang tidak melepaskan diri dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku” (Luk 14:33).

Yesus mau agar setiap murid-Nya sungguh-sungguh melepaskan dirinya dari semua kelekatan dunia agar para murid dengan bebas dan total melaksanakan tugasnya sebagai murid Yesus: Menjadikan semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam Nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu (Mat 28:19-20).

Rasul Paulus mengingatkan jemaat di Filipi untuk taat kepada Tuhan Yesus dengan cara melakukan segala sesuatu secara khusus keselamatan, tanpa bersungut-sungut dan berbantah-bantah. Dengan demikian, mereka akan menjadi bintang yang cahayanya menyinari sesama. Sebab Allah-lah yang mengerjakan dalam dirinya, baik kemampuan maupun pelaksanaan menurut kerelaan-Nya.

Marilah kita menjadi murid Yesus yang taat, setia, dan bebas dari segala ikatan di dunia (orang-orang yang kita kasihi dan harta dunia) agar kita secara total dan bersukacita mewartakan Injil Tuhan kepada segala bangsa.

Tuhan Yesus memberkati bapa, ibu, saudara/i, bersama keluarga dengan berkat surgawi dan dunia, agar sehat, segala usaha dan pekerjaan mendatangkan rezeki berlimpah.

RD Paul Buarlele, imam Keuskupan Agats-Asmat, Papua

13 People reacted on this

  1. Selamat pagi Pastor Paul,
    Hari ini Yesus cukup keras memberi pengajaran buat kami melalui Imam kami… Sy melihat para IMAM yg trlah menunjukkan cukup syaratnya sbg murid Kristus.
    Semoga kami dapat secara bertahap menyangkal dir, pikul salib dan mengikuti Yesus.
    Syalom

  2. Amin, terima kasih bapa atas Firman Tuhan dan Renungannya pada hari ini. Tuhan memberkati kita semua, Amin

  3. Terima kasih Romo untuk renungan hari ini.
    Semoga kami selalu melepaskan kelekatan duniawi dan memilih Kristus.
    Amin

Leave a Comment