Posted on: 09/06/2024 Posted by: Petrus Letsoin Comments: 1

KOMSOS AGATS – Uskup Keuskupan Agats, Mgr Aloysius Murwito, OFM memimpin perayaan Ekaristi sekaligus melantikan Lektor dan Akolit di Seminari Tinggi Filsafat Teologi (STFT) Fajar Timur Jayapura. Sabtu (08/06/2024).

Puluhan Frater resmi menjadi Lektor dan Akolit setelah lama digembleng secara matang untuk mengenal berbagai pengetahuan liturgi baik secara teoritis dan praktis.

Lektor dan akolit merupakan dua istilah yang digunakan dalam tradisi Gereja Katolik terhadap dua peran yaitu sebagai pewarta sabda dan pelayanan altar. Atau dengan kata lain Lektor adalah jabatan resmi untuk pembaca Kitab Suci dalam ekaristi, sedangkan Akolit adalah pembawa lilin serta roti dan anggur untuk dipersembahkan ke altar.

Tugas ini juga dilaksanakan oleh para Lektor dan Misdinar, tetapi di dalam perjalanan imamat, Lektor dan Akolit merupakan jenjang penting sebagai syarat untuk dapat ditahbisan menjadi diakon untuk selanjutnya ditahbiskan dalam imamat suci.

Selain itu, untuk menjadi Lektor, seorang frater pertama-tama harus mencintai Kitab Suci, kemudian suka dan tekun membacanya sebagai Sabda Tuhan, sehingga ketika membacakannya, ia membacakannya dengan jelas dan sungguh-sungguh, pertama untuk dirinya dan kemudian untuk semua yang mendengarkannya.

1 people reacted on this

Leave a Comment